Jumat, 10 Desember 2010

KONSEP PEMBELAJARAN IPA

Anak dan binatang
( children and animals)
Konsep Pembelajaran IPA
Metode yang digunakan : Metode Karya Wisata (berbentuk out bon)
Lokasi: Gua Selarong


Tim penanggunag jawab :
Pos Pemberangkatan dan pos pembubaran: Indra Sri Lestari
Pos 1: Putri nunung indar wati
Pos 2: Arif haryadi
Pos 3: Amelia Dhika anggaratih
Pos 4: Tri puji Lestari
Pos 5: Fina Indri F K D




Langkah- langkah :
Tim pemberi materi terdiri dari 6 orang yang akan di bagi menjadi 6 Pos
1. Pos Pemberangkatan dan pos pembubaran( Indra Sri Lestari ): pos pemberangkatan dan pos pembagian kelompok,pada pos ini penjaga pos akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok tapi dalam bentuk permainan sebar kartu sehingga siswa memperoleh teman yang berbeda- beda. Kartu yang di sebar dapat berupa nama kelompok yang terdiri dari nama- nama binatang. Para siswa berkumpul menjadi satu kemudian kartu – kartu tersebut di sebar kemudian siswa berkumpul sesuai dengan nama kelompok yang mereka dapatkan. Selanjutnya penjaga pos akan melakuan permaian “bunyi- bunyi binatang” setelah itu penjaga pos akan memberikan materi pengantar.
2. Pos 2 ( Putri nunung Indar wati): pos kedua berisi permainan dan indentivikasi, pos ini di jaga penjaga pos yang menjaga ikan lele.sebelum mengidentifikasi siswa melakukan permainan pemindahan ikan lele secara berantai yang akan dipandu oleh penjaga pos. selanjutnya Siswa per kelompok di hadapkan pada ikan lele kemudian mengidentivikasinya menggunakan instrument pertanyaan yang telah di sediakan pada setiap pos. setelah selesai siswa melanjutkan ke pos selanjutnya. . Setelah selesai melakuakn permainan dan identivikasi penjaga pos akan menjelaskan materi sesuai denagn binatang yang ada di pos serta menjawab pertanyaan dari peserta.

3. Pos 3 ( Arif Haryadi ): Pada pos ini penjaga pos menjaga cacing. Pada pos ini siswa melakukan permainan dan identivikasi, sebelum melakuka identivikasi siswa di suruh untuk menyanyikan lagu kupu- kupu yang lucu dengan huruf U diganti dengan hururf I atau lagu yang lain sesuai dengan keinginan siswa. Selanjutnya siswa mengidentivikasi binatang yang ada di pos 3 dengan menggunakan instrument yang telah disediakan. . Setelah selesai melakuakn permainan dan identivikasi penjaga pos akan menjelaskan materi sesuai denagn binatang yang ada di pos serta menjawab pertanyaan dari peserta.



4. Pos 4 ( Amelia dhika anggaratih): Pada pos ini berisi permainan dan identivikasi. Disini penjaga pos menjaga hewan belut, sebelum melakukan identivikasi para siswa melakukan permainan pemindahan belut dalam botol yang dilakukan secara bersama- sama dalam satu kelompok secara berantai. Setelah waktu hasbis siswa melanjutkan dengan identifikasi dengan mengisi instrument yang di berikan. . Setelah selesai melakuakn permainan dan identivikasi penjaga pos akan menjelaskan materi sesuai denagn binatang yang ada di pos serta menjawab pertanyaan dari peserta.

5. Pos 5 ( Tri puji lestari): Pada pos ini berisi permainan dan identivikasi. Disini penjaga pos menjaga belalang. Sebelum melakuakn permainan siswa melakukan permainan “jogged belalang “ bentuk permainanan pada pos ini berupa siswa disuruh untuk berjoged sesuai dengan irama music kemudian berhenti di saat music berhenti. Selanjutnya siswa melakukan identivikasi . Setelah selesai melakuakn permainan dan identivikasi penjaga pos akan menjelaskan materi sesuai denagn binatang yang ada di pos serta menjawab pertanyaan dari peserta.

6. Pos 6 ( Fina Indri F K D): Pada pos ini berisi permainan dan identivikasi. Penjaga pos menjaga binatang katak. Sebelum melakukan identivikasi siswa melakuakn permainan “lompat katak” menggunakan karung, permainan nya berupa lompat karung satu persatu dilakukan oleh siswa dalam kelompok. Di ujung lompatan terdapat katak, kemudian siswa yang telah melompat sampai di ujung tempat yang berisi katak kemudian melakukan identivikasi 1 instrumen kemudian kembali lompat ke tempat asal selanjutnya bergantian degan teman yang lain. Setelah selesai melakuakn permainan dan identivikasi penjaga pos akan menjelaskan materi sesuai denagn binatang yang ada di pos serta menjawab pertanyaan dari peserta.




Bentuk dan aturan permainan:
1. Persiapan masing- masing penjaga pos 15 Menit sudah termasuk pencarian lokasi pos yang akan digunakan untuk pelaksanaan.
2. Tiap- tiap kelompok wajib mempersiapkan yel- yel
3. Tiap- tiap kelompok bebas melakuakn permainan yang akan mereka lakukan terlebih dahulu, tiap – tiap kelompok wajib melakukan seluruh permaianan.
4. Sebelum melakukan kegiatan kelompok wajib laporan pada penjaga pos. kemudian melakukan yel- yel.
5. Lama kegiatan ( permainan, identivikasi, pemberian materi ) pada setiap pos maksimal 20 menit
6. Para siswa wajib melakukan permainan pada tiap pos.
7. Alat dan bahan yang bertanggung jawab adalah masing- masing penjaga pos.
8. Penjaga pos harus menguasai materi yang akan di sampaikan.
9. Penjaga pos harus bias mengkondisikan ntara kesesuaian waktu dengan kegiatan yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar